Sabtu, 26 November 2011

PENGERTIAN PENDIDIKAN

Unsur-unsur pendidikan adalah anak didik yaitu pihak yang menjadi objek utama pendidikan, kemudian pendidik yaitu pihak yang menjadi subyek dari pelaksanaan pendidikan. Materi juga berpengaruh pada pendidikan berupa bahan atau pengalaman belajar yang disusun menjadi kurikulum. Alat pendidikan pendidikan dibutuhkan sebagai suatu tindakan yang menjadi kelangsungan mendidik. Lingkungan yang merupakan keadaan yang berbengaruh terhadap hasil pendidikan, dan juga dasar serta landasan pendidikan yang menjadi fundamental dari segala kegiatan pendidikan.
Pendidikan adalah suatu usaha sadar yang teratur dan tematis, yang dilakukan seseorang untuk mempengaruhi agar anak mempunyai sifat dan tabiat yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Yang menjadi eksistensi mendidik terletak pada tujuan mendidik, sedang mengajar eksistensinya terletak pada materinya. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa mendidik lebih luas dari pada mengajar, dan mengajar merupakan sarana dalam mendidik.
Adapun faktor-faktor yang membatasi kemampuan pendidikan adalah faktor anak didik yang di dalam anak didik terdapat potensi-potensi yang butuh pendidikan dari luar, kemudian faktor pendidik yaitu guru yang mempunyai metode dalam penyampian yang berbeda dan beragam. Yang tak kalah penting juga adalah faktor lingkungan yang sangat berpengaruh baik positif maupun negatif. Lama pendidikan tidak ada batasnya. Menurut Lengeveld pendidikan berakhir di saat anak itu telah sadar atau mengenal kewibawaan (gezaag) dengan ciri-ciri adanya kestabilan, sifat tanggung jawab dan sifat berdiri sendiri. Menurut sarjanawan pendidikan dari Barat jika anak telah berumur 20 atau 21 tahun dianggap sebagai dewasa sedang menurut bangsa Timur bahwa pendidikan tidak hanya di mulai sejak prenatal melainkan di mulai sejak anak diciptakan (konsepsi).
Dasar dan tujuan merupakan salah masalah yang sangat fundamental dalam pelaksanaan pendidikan. Oleh karena itu dasar akan menentukan corak dan isi dari pendidikan akan menuju arah mana anak akan dibawa. Pendidikan adalah bantuan yang diberikan dengan sengaja kepada anak dalam pertumbuhan jasmani maupun rohaninya untuk mencapai tingkat dewasa. Mendidik lebih luas dari pada mengajar, mengajar hanyalah merupakan alat atau sarana di dalam mendidik. Sedangkan mendidik harus mempunyai tujuan nilai-nilai yang tinggi. Mengajar adalah transfer pengetahuan (transfer of knowledge), sedangkan mendidik adalah menstransfer nilai-nilai dalam pendidikan (transfer of value). Batas-batas Kemampuan Pendidikan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor yang terletak pada anak didik, faktor yang terletak pada si pendidik dan faktor yang ada pada lingkungan. 
Apakah Pendidikan itu? Mengenai pertanyaan apa pendidikan itu dapat kita jawab. Bahwasannya dalam hand out ini dikemukakan dua pengertian secara umum yaitu pendidikan ialah suatu usaha yang sadar yang teratur dan sitematis, yang dilakukan oleh orang-orang yang diserahi tanggung jawab untuk mempengaruhi anak agar mempunyai sifat dan tabiat yang sesuai dengan cita-cita pendidikan. Sedang pengertian yang kedua pendidikan adalah bantuan yang diberikan secara sengaja kepada anak dalam pertumbuhan jasmani maupun rohani.
Secara teoritis pengertian mendidik dan mengajar tidaklah sama. Mengajar berarti menyerahkan atau manyampaikan ilmu pengetahuan atau keterampilan dan lain sebagainya kepada orang lain, dengan menggunakan cara-cara tertentu sehingga ilmu-ilmu tersebut bisa menjadi milik orang lain. Lain halnya mendidik, bahwa mendidik tidak hanya cukup dengan hanya memberikan ilmu pengetahuan ataupun keterampilan, melainkan juga harus ditanamkan pada anak didik nilai-nilai dan norma-norma susila yang tinggi dan luhur.
Dari pengertian di atas dapat kita ketahui bahwa mendidik lebih luas dari pada mengajar. Mengajar hanyalah alat atau sarana dalam mendidik .dan mendidik harus mempunyai tujuan dan nilai-nilai yang tinggi.

sumber;modul PIP oleh Panji Hidayat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar